SURABAYA.- Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Prajurit TNI dan PNS Korem 084/BJ mengikuti upacara bendera yang dilaksanakan di lapangan Makorem 084/BJ jalan A. Yani No. 1 Surabaya. Sabtu (1/10/2022)

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 mengambil tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”. Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 ini dipimpin langsung oleh Kepala Staf Korem 084/BJ Kolonel Inf H. Sugiyono, S.Sos., M.SI.

Kasrem mengatakan bahwa Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan kembali bahwa pernah terjadi peristiwa yang kelam bagi Bangsa Indonesia, yaitu upaya pengkhianatan gerakan 30 September yang kemudian dibuktikan bahwa upaya itu atas ridha Allah SWT, gagal. Sehingga membuktikan bahwa pancasila tetap menjadi bagian landasan hidup Bangsa Indonesia serta menjadi bukti bahwa eksistensi pancasila ini sesungguhnya memang dilindungi oleh Allah SWT. Hal ini yang menjadi cikal bakal adanya peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Tanggal 1 Oktober menjadi bukti bahwa pancasila tetap sakti.

Masih kata Kasrem peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini harus tetap dilaksanakan setiap tahunnya supaya generasi penerus yang akan melanjutkan perjalanan bangsa kedepan tetap yakin bahwa Pancasila mendapat ridha Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa. Ia juga mengingatkan supaya Generasi muda sekarang harus tahu tentang Sejarah Bangsa kita, termasuk didalamnya adalah Peristiwa Pengkhianatan G.30.S/PKI pada tanggal 30 September 1965. Kita harus ingat Sejarah, istilah pak Soekarno JASMERAH Jangan Melupakan Sejarah.