”Yan Khurin Collection” Berikan Pelatihan Lukis Kain Pengurus Koorcab Rem 084

Surabaya (19/10) – Ibu Ketua Ny. Dewi Nur Cahya dan Wakil Ketua Ny. Sri Mulyani beserta pengurus Persit KCK Koorcab Rem 084, disela-sela kesibukannya sebagai ibu rumah tangga juga sebagai pengurus Persit KCK Koorcab Rem 084 menyempatkan diri untuk mengikuti pelatihan membatik ”Yan Khurin Collection” di Aula Makodim 0816, Bertindak sebagai instruktur pelatihayann adalah Ny. Hariyani Wisnu, dimana Bu Yani demikian panggilan akrabnya merupakan salah satu pelaku usaha seni kerajinan lukis kain yang juga merupakan Istri dari Sertu Adik Wisnu Marudi anggota Koramil 0832/03 Tegalsari Kodim 0832/Sby Selatan. Selama  5 Jam wanita asal Desa Gelam, Kec. Candi, Kab. Sidoarjo itu memberikan tips serta berbagai pengalaman tentang berbagai aspek pembuatan maupun penjualan produk seni kerajinan lukis kain kepada ibu-ibu Pengurus Persit KCK Koorcab Rem 084 yang diikuti oleh 25 orang.

Pilihan pelatihan terhadap seni kerajinan lukis kain disebabkan peluang pasarnya terbuka lebar. Seni kerajinan lukis tersebut dapat diaplikasikan ke produk fesyen seperti busana, tas, sepatu, dan lainnya lagi, bahan-bahan yang diperlukan mudah diperoleh di toko-toko. Tentunya untuk menghasilkan produk seni kerajinan lukis kain yang berkualitas dan layak jual, pembuatnya haruslah memiliki inovasi, kreatifitas, telaten, dan kemauan yang kuat.

melukisPada kesempatan tersebut Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Rem 084 Ny. Dewi Nur Cahya mengatakan, melalui pelatihan seni kerajinan lukis kain diharapkan dapat menumbuhkan inspirasi dalam menciptakan beragam kreasi pembuatan kerajinan lukis kain, disamping itu kegiatan ini merupakan realisasi dari usaha melestarikan budaya bangsa, yang mana kita ketahui bersama bahwa batik adalah merupakan seni tradisional leluhur bangsa kita, yang sudah barang tentu warisan ini harus kita pelihara, kita jaga, dan kita kembangkan jangan sampai warisan budaya nenek moyang kita itu punah seiring dengan perkembangan zaman atau diambil alih oleh negara lain.

Mengingat sangat berharganya kegiatan pelatihan membatik ini karena waktunya cukup singkat hanya 5 Jam saja, tentunya para Ibu-ibu pengurus Persit KCK Rem 084 harus mengapresiasi pelatihan membatik ini dengan sungguh-sungguh, tekun sehingga dapat dihasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan kita.   Terlebih penting lagi bisa memberikan keterampilan bagi Ibu-ibu yang pada akhirnya bisa pula memberikan tambahan penghasilan,  dengan demikian dapat pula meningkatkan ekonomi keluarga, tutur Dewi Nur Cahya. (pen84/st).