Tim Wasrik Opsdalwasku Ditkuad Kunjungi  Keuangan Korem 084/BJ NA.2.07.05

Surabaya – Mayor Cku (K) Lies Agustina yang menjabat sehari-hari sebagai Perwira Keuangan Korem 084/BJ dalam hal ini mewakili Danrem 084/Bhaskara Jaya menerima kunjungan Tim Operasioanl Pengendalian Pengawasan Keuangan (Opsdalwasku) Ditkuad yang diketuai oleh Kolonel Cku Syaiful Anwar, S.E., M.A.P.  dan rombongan, Kamis (22/09/2016).

3Kedatangan Tim Wasrik Ditkuad di Korem 084/BJ sangat disambut baik Oleh Perwira Keuangan dan para stafnya, suatu pengawasan merupakan tindakan preventif dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjadinya inefisiensi di segala bidang. Fungsi wasrik memiliki peran yang sangat penting dan menentukan bagi kelangsungan serta keberhasilan suatu organisasi, karena wasrik menjadi bagian integral dari sebuah sistem. “Kehadiran Tim Wasrik Opsdalwasku Ditkuad ini hendaknya jangan dijadikan sebagai sesuatu yang menakutkan, tetapi justru jadikan sebagai peluang untuk memperoleh masukan konstruktif guna pemecahan berbagai masalah, khususnya yang bersifat teknis atau prosedural, agar dapat dijadikan acuan bagi pelaksanaan tugas selanjutnya, Berikan informasi dan data yang benar kepada tim Wasrik Opsdalwasku Ditkuad. Sampaikan secara terbuka serta apa adanya semua kegiatan dan permasalahan yang kaitannya dengan penggunaan anggaran yang ada di satuan dan jajaran. Jangan malu untuk bertanya dan meminta penjelasan tentang hal-hal yang belum diketahui dan dipahami sehingga apa yang menjadi ketentuan dapat dilaksanakan dengan baik dan benar ” ucap Syaiful.

Lanjutnya ”Oleh karena itu Opsdalwasku yang dilaksanakan ini merupakan sarana pengawasan intern Ditkuad dalam melaksanakan fungsi utama keuangan di bidang pengendalian keuangan. Diharapkan dengan Opsdalwasku dapat dijadikan tolok ukur sejauh mana kepatuhan Kudam V/Brawijaya dalam menerapkan peraturan/ketentuan yang telah diterbitkan oleh Ditkuad, serta untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi terkait dengan perubahan-perubahan regulasi berkenaan dengan reformasi pengurusan keuangan negara, sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi guna penyempurnaan mekanisme dan prosedur pengurusan keuangan negara sesuai dengan amanat reformasi menuju pengurusan keuangan negara yang tertib, transparan dan akuntabel”.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Wasrik Kolonel Cku Syaiful Anwar, S.E., M.A.P.  sekaligus perwira pemeriksa bidang Ops bersama anggota timnya Letkol Cku (K) Ike Yosie Roselin, S.E, Mayor Cku Yoyo Sunaryo, Letda Cku Zainul Mustofa dan PNS Yulia Artiningtias, A.Md mengatakan, kegiatan wasrik yang dilaksanakan ini bukanlah merupakan kegiatan rutinitas dan bukan pula ingin mencari kesalahan-kesalahan di satuan Keuangan Korem 084/BJ ini, namun hanya bersifat memberikan bimbingan Tertib Administrasi Keuangan (Tibminku),  Bimbingan Teknis serta berkoordinasi, saling memberi dan menerima informasi tentang kinerja satuan yang kemudian dibawa ke Komando Atas untuk dijadikan bahan dalam penentuan kebijakan selanjutnya.

Dari hasil evaluasi, Tim Wasrik Opsdalwasku Ditkuad merasa puas atas kinerja Anggota Keuangan Korem 084/BJ serta tidak diperoleh temuan-temuan yang terlalu signifikan sehingga kegiatan pengawasan dan pemeriksaan pun dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.(st/Pen84).