Perbaikan 3 saluran Irigasi sangat membantu mata Pencaharian Ds.Ngabetan Kecamatan Cerme

Desa Ngabetan kecamatan Cerme merupakan salah satu daerah andalan Kabupaten Gresik dibidang pertanian sawah maupun tambak ikan, ±3194 orang jiwa mayoritas mata pencaharianya adalah petani sawah dan perikanan tambak.

Area persawahan dan Tambak yang ada di Desa Ngabetan Kec.Cerme system pengairanya berasal dari 3 (tiga) saluran irigasi yaitu Jaringan Irigasi Desa (Jides), Jaringan Irigasi Skunder dan Jaringan Irigasi untuk Tani (Jitut). Hambatan masyarakat desa Ngabetan selama ini kurang maksimalnya pemanfaatan jaringan irigasi tersebut, hal itu dikarenakan aliran irigasi masih berupa tanah belum dibentuk dinding semen dan batu  (plengsengan) sehingga aliran irigasi untuk pertanian sering tersumbat.

Seperti diketahui fungsi dari saluran irigasi di pedesaan adalah sebagai penyediaan dan pengaturan air dalam menunjang proses produksi pertanian dari sumber air ke daerah yang memerlukan air seperti daerah persawahan maupun tambak ikan, manfaat dari irigasi itu sendiri yaitu untuk membasahi daerah yang curah hujan kurang, untuk mengairi daerah persawahan dan tambak waktu musim kemarau serta untuk menyuburkan tanah khususnya daerah pertanian dan tambak seperti Desa Ngabetan Kecamatan Cerme.

Kegiatan TMMD Ke-97 yang dilaksanakan di Ds. Ngabetan secara terintegrasi bersama masyarakat setempat bertujuan untuk mensukseskan swasembada pangan yang merupakan program pemerintah untuk memajukan daerahnya. Perbaikan Irigasi yang merupakan salah satu sarana penting untuk membantu pertanian dan perikanan Desa Ngabetan Kabupaten Gresik. (Penrem084/TI).