PANGDAM V/BRAWIJAYA TUTUP TMMD KE-99 DI KAB. SAMPANG

Penrem – Upacara Penutupan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-99 Tahun 2017, secara resmi ditutup oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, Rabu (02/08).

1 (2)Dalam amanat Kasad selaku PJO yang dibacakan oleh Pangdam dalam TMMD ini merupakan wujud kemanunggalan TNI Rakyat, banyak hal termasuk semangat gotong royongan dan kemanunggalan menyelesaikan program TMMD ke-99 ini.

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiil karena berkat kerja keras dan kesungguhan dari semua unsur, kegiatan TMMD ke-99 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar sesuai yang telah direncanakan.

Pada TMMD ke-99 tahun 2017 ini sebanyak 5 sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di wilayah Desa Ombul Kecamatan Kedungdung, diantaranya adalah pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan jalan baru, (Makadam) pembangunan Polindes, Rehablitasi sekolahan, Pembangunan jembatan, dan Rehablitasi Masjid.

1 (1)Selain itu juga terdapat sasaran non-fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat, antara lain tentang Wawasan Kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, Kamtibmas, Bahaya Narkoba, Terorisme, Kesejahteraan Masyarakat, di samping itu dilakukan juga kegiatan olah raga dan kesenian, pengobatan masal, serta pembagian Sembako. Pembangunan non-fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa yang dilancarkan melalui Proxy War berupa maraknya peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, serta masih eksisnya bahaya terorisme, meningkatnya aksi kriminalitas secara kualitas dan kuantitas serta isu bangkitnya kembali komunisme baru. Oleh karenanya TMMD ini adalah salah satu upaya TNI AD dalam memperkuat pemberdayaan ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah.

Sebelum mengakhiri Upacara Penutupan TMMD ke-99 ini, ada pesan khusus yang disampaikan oleh Pangdam V/Brawijaya terkait hasil TMMD “pelihara kebersamaan dan semangat gotong royong yang sudah terbina dengan baik serta pelihara hasil program TMMD, agar usia pakainya akan lama dan manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang”, tegas Pangdam diakhir Amanat”.