Lomba Burung Berkicau Piala Dandim 0816/Sidoarjo

Surabaya (23/10) – Guyub rukun agawe santoso manunggal sawijine ayem tentrem, itulah yang dikumandangkan oleh kodim 0816/Sidoarjo dalam rangka kegiatan non program Sidoarjo siap 24 jam pada efent lomba burung berkicau Dandim 0816 Cup 2016 yang bertempat di lapangan Makodim 0816/Sidoarjo.

burung-2Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut diikuti oleh 1077 peserta kontestan lomba burung yang datang dari berbagai wilayah Jawa Timur, adapun jenis burung yang dilombakan antara lain murai batu, anis merah, anis kembang, love bird, cenxet, kacer, kenari dan kelas bebas. Yang terdiri dari 29 kelas, dalam perlombaan tersebut Kodim 0816/Sidoarjo telah membagikan ratusan hadiah doorprize mulai dari TV, Megic Com, Dispenser, Sangkar Burung, Seterika dll serta uang pembinaan bagi burung yang mendapatkan juara yang dilengkapi  dengan piala Perlombaan dan sertifikat burung berkualitas.

Menurut ketua panitia Kapten Arh Bambang Suryono pasi ter Kodim 0816/Sidoarjo tujuan  diadakan lomba burung ini agar masyarakatKab. Sidoarjo ikut melestarikan alam dan mempertajam rasa silaturahmi diantara masyarakat agar terciptanya suasana yang guyup rukun antar warga Sidoarjo maupun di luar Sidoarjo.

Kegiatan lomba burung Dandim 0816 Cup mengangkat tema, Noto Roso Among Roso Mijil Tresno Agawe Karyo Kanggo Sidoarjo lan Kanggo Negoro yang memiliki makna bahwa Kita sebagai warga Sidaorjo yang baik harus mengatur perasaan diri sendiri sebelum berbagi rasa dengan orang lain, sehingga timbul saling menghormati dan timbul rasa kasih yang manusiawi sebagai sendi dasar terciptanya saling pengertian untuk selanjutnya bersama – sama membangun bangsa ini. Falsafah ini sangat dimungkinkan adanya perbedaan pendapat, tetapi tidak untuk dipertentangkan, namun dicari titik temunya. Kepemimpinan yang akomodatif untuk mendapatkan titik temu tersebut diutamakan agar pemikiran bisa berkembang dan tertampung dalam kebijakan dengan mempertimbangkan keterbatasan yang ada.

serka sutrisno selaku koordinator pelaksana lapangan menyatakan bahwa lomba burung berkicau Dandim 0816 Cup baru pertama kali di adakan oleh Kodim 0816 sidoarjo, dan mudah2an dari dukungan semua kalangan masy pencinta kicau mania agar kegiatan ini dpt dilaks sebagai efent tahunan Kodim 0816 sidoarjo sebagai saran kegiatan Komsos Kreatif & inovasi untuk terwujudnya kemanunggalan TNI Bersama Rakyat serta dapat membangun kab. Sidoarjo menuju kondisi wilayah yang aman & nyaman selama 24 Jam.

Serka Sutrisno juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini khususnya Gantangan DEWA 99 selaku pelaksana perlombaan, serta dukungan dari berbagai Ormas seperti , GM FKPPI PC 1316, Pemuda Pancasila, KNPI, Pemuda Muhammadiyah dan PPM serta senkom Mitra Polri Sidoarjo.

 Mudah-mudahan dengan kegiatan ini mampu menjadikan momen yang baik untuk meningkatkan ajang silaturahmi menuju Guyup Rukun Sidoarjo Siap 24 Jam yang memiliki makna Sidoarjo yang Semangat, Inovasi, Aman & Peduli.(pen84).