2Surabaya (04/05/17), Korem 084/Bhaskara Jaya menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Aparat Pemerintah, yang terdiri dari para Danramil, Kapolsek, Camat, Babinsa, Babinkamtibmas, Lurah dan Kepala Desa se- wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Gresik, yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan  hubungan yang erat dengan segenap komponen bangsa, termasuk  diantaranya dengan aparat pemerintah, sehingga terwujud saling pengertian, kebersamaan, keterpaduan dan timbul kesadaran untuk berpartisipasi dalam pertahanan negara.

Danrem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Czi Denny Herman dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kasrem 084/BJ Letkol Inf Heri Suprapto, S. Sos., M. Sos. antara lain mengatakan pada era globalisasi saat ini yang ditandai dengan derasnya arus informasi dan komunikasi, khususnya di wilayah Korem 084/Bhaskara Jaya, maka pemerintah dengan segenap komponen masyarakat, khususnya aparat pemerintah perlu memiliki visi dan misi yang sama untuk menciptakan suasana kehidupan yang tertib, rukun dan kondusif.

Danrem mengharapkan agar para aparat pemerintah serta segenap komponen masyarakat lainnya sebagai pengemban aspirasi dan amanah rakyat, untuk selalu memahami dan menghayati kekuatan positif dari multikulturalisme dalam rangka memperjuangkan kesejahteraan rakyat. serta harus dapat memiliki kemampuan memilah dan memilih berbagai kepentingan dengan mengedepankan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi, kelompok maupun golongan.

Dijelaskan, setiap aparat pemerintah dan segenap komponen bangsa harus mampu mempelopori tumbuhnya kepercayaan diri kita sebagai bangsa yang berdaulat dan mampu untuk tegak berdiri serta bangga sebagai bangsa Indonesia, untuk itu prajurit lulusan Akmil 1989 tersebut mengajak agar aparat pemerintah dan seluruh komponen bangsa mampu menciptakan iklim yang kondusif melalui komunikasi, dialog, interaksi, koordinasi  dan kerjasama yang intensif serta konstruktif dalam membangun masyarakat di daerah ini.

Mengakhiri sambutannya Danrem kepada seluruh aparat pemerintah agar terus meningkatkan kerjasama dan sinergitas dengan TNI, Pemda, Kepolisian,  Instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat yang ada di wilayah masing -masing, untuk mengamalkan deteksi dini, antisipasi cepat dan cegah dini terutama dalam menangkal berkembangnya pe-nyalahgunaan  narkoba,  ideologi  radikal, terorisme serta maraknya berita – berita hoax yang ada di wilayah masing – masing.

Dalam kegiatan Komsos yang mengambil tema “ Melalui komunikasi sosial dengan aparat pemerintah, kita pelihara sinergitas guna membangun masyarakat indonesia yang berkarakter dengan berlandaskan wawasan kebangsaan dalam rangka  mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa”, ini diisi materi tentang “Pentingnya Revolusi Mental bagi Generasi Muda dalam upaya membangun karakter bangsa yang berwawasan kebangsaan dan memiliki jiwa nasionalisme” yang disampaikan oleh Dekan Fisip UPN Veteran Jawa Timur Dr. Lukman Arif, M. Si. (Penrem 084/BJ).