Perwakilan SMA Negeri 3 SidoarjoSurabaya (28/07/16), Korem 084/Bhaskara Jaya menggelar lomba Paskibra Tingkat SMA dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke- 50 tahun 2016, yang jatuh pada tanggal 2 Agustus mendatang. Kegiatan lomba tersebut berlangsung di Lapangan Depan Makorem 084/BJ Surabaya pada Hari Kamis, tanggal 28 Juli 2016. Acara lomba tersebut dibuka oleh Kasrem 084/BJ Letkol Inf Hery Suprapto. S.Sos. mewakili Danrem 084/BJ Kolonel Czi Denny Herman dan dihadiri pejabat dari Sterdam V/Brawijaya serta para Kasi Korem dan Kabalak jajaran Korem serta para Perwira dari Kodim jajaran Korem 084/BJ.

Danrem 084/BJ Kolonel Czi Denny Herman dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kasrem 084/BJ Letkol Inf Heri Suprapto. S.Sos. sewaktu membuka lomba tersebut antara lain mengatakan, bahwa tujuan digelarnya lomba paskibra ini bukan hanya untuk mencari prestasi ataupun juara semata, namun yang lebih penting dari itu semua adalah untuk meningkatkan kesadaran bela negara, cinta tanah air dan wawasan kebangsaan bagi generasi muda, khususnya pelajar tingkat SMA yang ada di jajaran Korem 084/Bhaskara Jaya.

Lebih lanjut Pamen dengan tiga melati dipundaknya itu menyatakan, bahwa lomba paskibra itu juga bertujuan untuk menumbuhkan sikap mental yang kokoh dan kuat bagi generasi muda yang berkarakter guna mewujudkan generasi muda yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan disiplin yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari, serta sebagai wahana untuk saling bertukar pikiran tentang masalah bela negara antar pelajar sma, bersilaturahmi, membangun komunikasi, keakraban dan persaudaraan serta hubungan kekeluargaan yang lebih kuat diantara kita semua.

Menurutnya, dengan lomba ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kebangsaan dan kebersamaan, persaudaraan, kekompakan dan soliditas yang semakin erat diantara kita semua, sebagai salah satu modal utama dalam membangun komitmen meraih keberhasilan dalam pelaksanaan tugas dan pengabdian kita semua sesuai bidang masing – masing, serta dapat lebih meningkatkan rasa kecintaan para pelajar dan masyarakat terhadap bangsa dan negaranya.

Lomba paskibra tingkat SMA ini diikuti 18 Tim dari seluruh wilayah Kodim jajaran Korem 084/BJ (9 Kodim) di mana masing – masing Kodim mengirimkan 2 Tim dan 1 Tim terdiri dari 25 orang.Dalam lomba ini diambil Juara I, Juara II dan Juara III serta Juara Harapan I dan II dengan materi penilaian meliputi  : 1. Kostum (seragam, kerapian, personel), 2. Pengibaran Bendera (PBB, Ketepatan, Formasi), dan 3. Semangat (Aba-aba, Sikap, Terampil).  Masing – masing Juara akan mendapatkan Hadiah Tropy/Piala, Piagam Penghargaan dan uang pembinaan. Untuk Juara I mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 5 Juta, Juara II Rp. 3 Juta, Jauara III Rp. 2 Juta, Juara Harapan I Rp. 1 Juta dan Juara Harapan II Rp. 750.000,-

Keluar sebagai Juara I Tim  dari  Kodim 0829/Bangkalan dengan nilai 5.600, Juara II dari Kodim 0828/Sampang dengan nilai 5.260, Juara III dari Kodim 0826/Pamekasan dengan nilai 5.250, Juara Harapan I dari Kodim 0829/Bangkalan, dan Juara Harapan II dari Kodim 0816/Sidoarjo(STJ/Pen084).