Surabaya,- Mengantisipasi adanya kluster baru Covid-19, Satgas mulai gencar menggelar adanya rapid test antigen di berbagai lokasi, salah satunya di sekolahan.
Kali ini, Satgas Covid menyasar SMA Kartika IV-3 Surabaya. Di lokasi itu, Satgas melakukan swab terhadap beberapa guru dan staf.
“Ada 46 guru yang ikut test tersebut. Tes dilakukan langsung oleh pihak RS Umum TK. III Brawijaya,” kata  Kepala Sekolah SMA Kartika, Agus Suprayitno. Kamus, 21 Januari 2021 siang.
Terpisah, Kepala Seksi Personel Korem 084/Bhaskara Jaya, selain di lingkungan militer atau Korem, tes tersebut juga dilakukan di tiap Lembaga yang berada di naungan Satuannya.
“Berdasarkan data statistik, Covid-19 di Surabaya semakin melonjak. Kasus terbesar terjadi di Pulau Jawa,” ungkapnya.
Selain swab test antigen, dirinya juga menginstruksikan Satgas yang berada di lokasi itu untuk melakukan sosialisasi adanya protokol kesehatan yang wajib dipatuhi oleh pihak sekolah. Ia meyakini, jika prokes tersebut mampu memutus rantai penyebaran pandemi. “Sebab, dengan mematuhi protokol kesehatan, rantai pandemi akan terputus dengan sendirinya,” bebernya.