Deteksi Dini Kanker Servik dan Kanker Payudara Oleh Persit KCK Koorcab Rem 084 PD V/Brawijaya dan Jajaran

Surabaya (10/03) – Dalam Rangka Memperingati HUT Persit Kartika Chandra Kirana Ke-71, Pengurus dan anggota Persit KCK Koorcab Rem 084 PD V/Brawijaya dan Jajaran melaksanakan sosialisasi dan deteksi dini Kanker Serviks dengan metode IVA (Inspeksi Visual Dengan Asam Asetat) di Aula Makodim 0831/Sby Timur.

DSC_0149adapun susunan kegiatan acara tersebut diantaranya sambutan dari ketua koorcab rem 084 Ny. Dewi Nur Cahya Denny Herman,  ” acara penyuluhan ini merupakan rangkaian kegiatan HUT Persit KCK ke-71 dengan adanya kegiatan sosialisasi dan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks ini diharapkan para peserta dapat menyimak dan betul-betul memperhatikan secara seksama serta dapat merasakan serta dapat mengetahui bagi anggota persit/peserta yang sudah dilakukan pemeriksaan, sehingga diharapkan dapat memperoleh hasil yang maksimal dan sesungguhnya, disamping itu kita harus berpegang prinsip Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati , saya ucapkan banyak terima kasih kepada dr. Bambang Eko Wiratno SpOG hari ini dapat hadir dan memberikan ceramah semoga apa yang menjadi penyampaian dokter nantinya dapat menjadi pengetahuan bagi ibu-ibu sekalian dan disamping itu dapat mengetahui cara pencegahan/melakukan deteksi dini kaitannya dengan kanker serviks”, tutur Ny Dewi.

Kanker serviks merupakan salah satu kanker yang paling umum yang menjangkit organ reproduksi wanita. Beberapa jenis human papilloma virus, suatu infeksi menular seksual, mempunyai peran penting dalam kebanyakan kasus kanker serviks. Kanker leher rahim (kanker servik) adalah kanker yang terjadi pada servik uterus, suatu daerah pada organ reproduksi wanita yg merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara uterus (rahim) dengan liang vagina.DSC_0126

Untuk pencegahan sekunder terhadap kanker serviks hendaknya para wanita rajin melakukan skreaning, papsmear. ada beberapa tips sehat untuk mencegah kanker serviks antara lain dengan rajin menjaga organ kewanitaan, menghindari pembalut yang mempunyai kualitas rendah, vaksin anti kanker serviks serta deteksi organ intim secara dini dan berkala.

“Hal Ini di Sampaikan Oleh dr. Bambang Eko Wiratno SpOG dari Rumah Sakit DKT Brawijaya. Setelah melakukan Sosialisasi, Tim dari Kimia Farma Laboratorium yang diketuai oleh Bpk Manan Pramono SE, dan Personel kesehatan Denkesyah V-04-04/Surabaya yang diketuai oleh Wakil Komandan Denkesyah Mayor Ckm (K) Lis Yunita melakukan deteksi dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara  dengan melakukan pemeriksaan terhadap ibu-ibu Persit KCK Koorcab Rem 084 PD V/Brawijaya Beserta Jajaran.

­­­­­­­­
Dengan dilaksanakan sosialisasi ini diharapkan para peserta dapat memahami serta dapat mendistribusikan pengetahuan tentang kanker serviks kepala keluarga terdekat serta lingkungan.

Sosialisasi ini dihadiri Kasipers Rem 084/BJ, Dandim 0831/Sby Timur, dr. Bambang Eko Wiratno SpOG, Bpk Manan Pramono SE (Kimia Farma Lab), Mayor Ckm (K) Lis Yunita (Wakil Komandan Denkesyah V-04-04/Surabaya), Ny. Dewi Nur Cahya Denny Herman (Ketua Persit KCK Koorcab Rem 084 PD V/Brawijaya), Katua Cabang Persit KCK sejajaran serta ibu-ibu pengurus dan anggota Persit Kartika Chandra kirana.(pen84/st).