DANDIM 0816/SIDOARJO BENTUK REGU BRIGADE TANAM PADI JARWO TANDUR/TAJU

Surabaya (17/05/2017) – Selamat Pagi, PAGI, PAGI PAGI LUAR BIASA, begitulah suasana penuh keakrapan Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono, S.I.P bersama para regu tanam padi buruh tani di Ds. Wonoplintahan Kec. Prambon Kab. Sda.

 

1Dalam giat tersebut dlm rangka pertemuan pengembangan brigade tanam pengembang teknologi padi daya tanam holtikuktura TA. 2017. Letkol Inf Fadli dengan semangat mengapresiasi giat tsb dgn mensisingkan celananya utk masuk dan turun ke lahan seluas 1 Ha utk ikut menanam padi dengan sistem Jarwo secara manual maupun mengunakan mesin transplanter.

 

Disela-sela habis makan siang Letkol Inf Fadli memberikan sambuatan bahwa proses bertani atau budidaya pertanian dalam hal tanam padi menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan negara Indonesia, bagai mana tidak.. beras menjadi salahsatu produk yang sangat penting, ini dikarenakan beras menjadi produk yang termasuk pada Sembilan bahan pokok.2.jpeg

 

Banyak hal yang mempengaruhi proses meningkatnya produksi padi, mulai dari penggunaan bibit unggul, pemupukan yang tepat sasaran, pengairan yang tepat, pengendalian hama penyakit, dan lain sebagainya. Pada saat ini ada cara yang bisa di tempuh oleh petani dalam proses meningkatkan produksi padi salah satu yang bisa di pilih yaitu dengan Cara Tanam Padi dengan Sistem Jajar Legowo.

 

Yang berdasarkan pengalaman, tanaman padi yang berada di pinggir akan menghasilkan produksi padi lebih tinggi dan kualitas dari gabah yang lebih baik, ini dikarenakan tanaman padi di pinggir akan mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak. Itulah sebabnya sistem jajar legowo menjadi salah satu pilihan dalam proses meningkatkan produksi gabah, (pen84).