Surabaya,- Sebanyak ratusan prajurit baru di Korem 084/Bhaskara Jaya, saat ini tengah memasuki materi penelitian personel atau Litpers yang sengaja digelar oleh pihak Intel Korem.
Pelaksanaan Litpers itupun, dipantau langsung oleh Pasi Intelrem, Mayor Arm M. Simorangkir beserta beberapa anggota Intelijen Korem. Selasa, 17 Desember 2019.
Beberapa materi pun disuguhkan, termasuk diantaranya materi berupa pengisian daftar isian personel hingga wawancara. Tes tersebut, rencananya akan berlangsung selama dua hari. “Mekanismenya akan dilakukan secara bertahap,” ujar Pasi Intel.
Litpers itu, kata Simorangkir, sengaja digelar guna mengetahui sekaligus mendalami latar belakang masing-masing para prajurit baru, terlebih mengetahui sikap hidup, hingga cara pandang seseorang terhadap ideologi, politik, sosial hingga budaya.    
“Termasuk norma-norma maupun aturan yang berlaku di Angkatan Darat,” bebernya.
Ia menilai jika tes tersebut sangat penting untuk digelar. Pasalnya, ujar Simorangkir, banyak tugas maupun tantangan yang nantinya akan dihadapi oleh para prajurit baru Korem. 
“Terutama mengenai mental dan psikologi. Itu semua harus dilandasi dengan pembangunan karakter. Sebab, itu merupakan filter demi terpelihara dan terjaganya kedaulatan NKRI,” tegasnya.