SIDOARJO (BM) – Sebanyak 150 personel TNI dari berbagai kesatuan diterjunkan dalam Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) kali ini. Selain anggota Kodim 0816 Sidoarjo, sebagianjuga dari Yon Arhanudse-8 Sruni Gedangan, Pasmar-1 Gedangan, dan Yon Zipur-5 Kepanjen Malang.
 
Mengawali TMMD ke-96, dilakukan upacara pembukaan di Lapangan SDN Keret Krembung, Sidoarjo yang dipimpin Bupati H Saiful Ilah SH MHum, Selasa (3/5). Ikut di antaranya Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sidoarjo seperti Dandim 0816  Letkol Inf Andre Julian SIP, Kapolres AKBP Muh. Anwar Nasir, SIK, MH, Ketua DPRD H Sullamul Hadi Nurmawan dan Ketua Pengadilan Negeri H Budi Susilo SH MH, serta Danrem 084 Bhaskara Jaya Kolonel Czi Denny Herman.
 
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat membacakan sambutan Panglima Kodam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Sumardi mengatakan, program TMMD dilaksanakan dua kali dalam setahun secara periodik. Pelaksanaanya selama 30 hari. “Sasaran dari program ini adalah daerah yang terisolir, terpencil, dan terbelakang serta tertinggal,” ungkapnya di depan para peserta upacara.
 
Dikatakan pula, program TMMD mampu membantu tugas pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ke depan program tersebut dapat dilakukan secara berkesinambungan untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan. Program TMMD ini serempak dimulai sejak 3 Mei sampai 1 Juni 2016 mendatang.